5 Bupati Canangkan Pembangunan Tol Cikopo – Palimanan – Cirebon


PURWAKARTA (Pos Kota)- Lima kepala daerah hadiri pencanangan dimulainya pembangunan jalan Tol Cikopo (Purwakarta) – Palimanan (Cirebon) di Desa Cikopo, Kec Bungursari, Purwakarta,  Kamis (8/12).

Kelima kepala daerah itu berada di wilayah yang terlintasi proyek tol Cikopo-Palimanan bernilai investasi Rp 12,5 triliun.

Kelima kepala daerah atau bupati itu adalah Bupati Purwakarta, Bupati Subang, Bupati Indramayu, Bupati Majalengka dan Bupati Cirebon.

Pencanangan dimulainya pembangunan Tol Cikopo-Palimanan di Purwakarta dihadiri Menteri Pekerja Umum dari dua negara yakni Indonesia dan Malaysia, Djoko Kirmanto dan Datuk Seri Shaziman bin Abu Mansor. Diawali hari ini, tol sepanjang 116 km itu dijadwalkan selesai pembangunan pada tahun 2014 mendatang.

Selain lima kepala daerah dan dua menteri kedua negera, hadir pula Gubernur Jawa Barat, Achmad Heryawan dan anggota Komisi V DPR RI serta anggota DPD RI.

Menteri Pekerja Umum Djoko Kirmanto menyatakan, pengusahaan jalan tol Cikopo-Palimanan dilaksanakan oleh PT Lintas Marga Sedaya (LMS) dengan komposisi pemegang saham Plus Expressways Berhad (Malaysia) sebesar 55% dan PT Baskhara Utama Sedaya sebesar 45%.

“Total investasi pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan sebesar Rp 12,56 triliun dengan masa konsesi 35 tahun. Sedangkan pendanaan berasal dari modal sendiri 30% dan pinjaman sindikasi perbankan dipimpin oleh Bank Mandiri dan BCA,” jelas Djoko Kirmanto.

Presdir PT Lintas Marga Sedaya,  Muhammad Fadzil menegaskan, pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan ini merupakan kemajuan yang signifikan dalam program pembangunan jalan tol di bawah program Public Private Partnership di Jawa Barat.

Jalan tol ini akan menjadi bagian yang sangat penting dari ruas jalan tol lintas Jawa, yang mampu mengoptimalkan distribusi barang serta efisiensi waktu untuk para pengguna jalan dari daerah Jawa Barat, termasuk Jabodetabek ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, maupun sebaliknya.

” Berkat dukungan dari semua pihak yang memiliki semangat kerjasama Public Private Partnership yang kuat, akhirnya kami sampai pada tahap dimana kami dapat segera memulai pembangunan proyek jalan tol Cikampek-Palimanan ini.” ujar Fadzil, dalam siaran pers diterima Pos Kota, Kamis sore.

Jalan tol Cikampek-Palimanan, sebut Fadzil, akan dapat mengurangi waktu tempuh serta biaya perjalanan para pengguna jalan. Begitu jalan tol ini beroperasi, masyarakat dapat menempuh rute Cikampek-Palimanan dalam waktu satu jam.

“Lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan jalur Pantura yang biasanya memakan waktu hingga dua atau tiga jam dalam kondisi normal,” pungkasnya.(dadan/dms)

About these ads

Satu Tanggapan

  1. Ya iyalah walau telat sepuluh tahun gara2 refotnasi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: