Perancis Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi


JAKARTA, KOMPAS.com – Perdana Menteri Perancis Francois Fillon ingin melipatgandakan kerja sama ekonomi dengan Indonesia. Usai pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (1/7/2011), Fillon menyebut Indonesia sebagai mitra strategis yang penting. Bahkan, Perancis menempatkan posisi Indonesia sejajar dengan mitranya di Asia, seperti Jepang dan China.

Pada pertemuan tersebut, pemerintah Indonesia dan pemerintah Perancis menandatangani enam kesepakatan kerja sama di bidang energi dan sumber daya mineral, transportasi urban kereta api di Bandung yang mencakup Padalarang-Cicalengka sepanjang 41 kilometer, pendidikan, pariwisata, permuseuman, serta keselamatan penerbangan. Selain itu, Perancis juga berkomitmen melakukan kerja sama di bidang pertahanan.

“Kita ingin bekerja sama dengan Indonesia dalam melawan terorisme dan mengamankan jalur maritim dari pembajakan. Indonesia memiliki pengalaman yang lebih besar yaitu keberhasilan dalam mengamankan Selat Malaka,” ujar Fillon dalam pernyataan pers bersama Presiden Yudhoyono di Istana Merdeka.

Presden Yudhoyono menjelaskan, volume perdagangan antara Indonesia dan Perancis telah mencapai 2,5 miliar dollar AS. Angka ini terus meningkat secara signifikan seiring bertumbuhnya perekonomian kedua negara.

Di bidang investasi, Perancis adalah negara yang menduduki peringkat ke-13 di Indonesia. Akumulasi investasi Perancis selama 20 tahun terakhir mencapai 2,5 miliar dollar AS.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/07/01/20481232/Perancis.Tingkatkan.Kerja.Sama.Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: