Target 24 Ruas Tol Trans Jawa Selesai 2014


suarasurabaya.net| Dari 24 ruas jalan tol Trans Jawa, tinggal 1 ruas yang belum tuntas negosiasi kontraknya. Pemerintah menargetkan seluruh ruas jalan tol Trans Jawa ini selesai 2014 dan bisa segera dioperasikan.

Hermanto Dardak Wakil Menteri Pekerjaan Umum pada suarasurabaya.net mengatakan jika ruas tol itu tuntas, maka jalur Pantura dari Jakarta ke Surabaya akan terhubung jaringan jalan tol. “Koridor Pantura Jakarta-Surabaya memang menjadi prioritas pemerintah karena volume lalu lintas dan bebannya paling tinggi diantara jalur lain,” kata dia.

Ada 9 dari 24 ruas jaringan jalan tol Trans Jawa itu yang melintasi Pantura, yakni Cikampek-Palimanan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya.

Dari 9 ruas itu, hanya Batang-Semarang yang hingga kini belum menuntaskan amandemen kontrak sehingga pemerintah terpaksa menunda dulu prosesnya sampai tercapai kontrak baru. Menurut Gani Ghazali Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), para pemegang saham untuk proyek ruas sepanjang kurang dari 30 km ini masih berkonflik secara administrasi. “Untuk sementara prosesnya dihold pemerintah,” ujar Gani.

Menurut Wakil Menteri Pekerjaan Umum, selain melibat swasta, pemerintah juga terlibat langsung dalam pembagian saham, seperti yang dilakukan dalam proyek Solo-Kertosono yang melibatkan 30% saham dari pemerintah. “Proyek-proyek ini dikerjakan secara paralel agar bisa mencapai target tuntas 2014,” kata dia.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum mengakui hingga kini yang masih menjadi kendala adalah pembebasan lahan. Tapi dengan menerapkan Undang-undang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum yang baru disahkan akhir 2011 lalu, Wamen PU yakin tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaannya.

Ruas jalan tol lain dalam jaringan Trans Jawa yang akan dituntaskan sampai 2014 antara lain : Gempol-Pasuruan, Gempol-Pandaan, Pasuruan-Probolinggo, Porong-Gempol.

Untuk jaringan tol trans Jawa di area Jakarta Raya antara lain : Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becak Kayu), Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Cilincing, Bogor Ring Road, dan Ciawi-Sukabumi.(edy)

Sumber: http://ekonomibisnis.suarasurabaya.net/?id=162569910f37a3a6f052d4e98dd9db572012105113

2 Tanggapan

  1. Dari dulu kmana aja

  2. Semoga rencana pembangunannya segera dapat terealisasi agar dapat mengurai kemacetan.

    http://www.aksesorislaris.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: