Perbaikan Jalur Mudik Johar-Krasak-Jatisari Karawang


KARAWANG, RAKA – Perbaikan jalur jalan buat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2012, kata Bupati Ade Swara, termasuk yang menjadi prioritas untuk diselesaikan secepatnya atau sebelum pemudik mulai menggunakan jalur jalan tersebut. Ia telah menginstruksikan hal itu kepada jajaran Dinas Bina Marga dan Pengairan beberapa waktu lalu.
“Setidaknya, perbaikan jalur mudik dari Johar-Krasak-Jatisari hingga perbatasan dengan Kabupaten Subang rampung pada H-7 Idul Fitri 1433 Hijriah. Menjelang lebaran, wilayah Kabupaten Karawang selalui dilalui ribuan pemudik dari luar daerah, terutama Jakarta. Kami ingin perjalanan mereka tidak terganggu oleh kondisi jalan yang rusak,” ujar bupati.
Kata dia lagi, Pemkab Karawang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi umat Islam yang hendak bersilaturahmi dengan sanak saudaranya pada hari Lebaran nanti. Oleh karenanya, ungkap bupati, sejumlah ruas jalan yang selalu digunakan sebagai jalur alternatif mesti dibenahi dari sekarang. Termasuk jalan-jalan antar kecamatan dan antar desa yang sama-sama sangat ditunggu masyarakat penyelesaian perbaikannya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Asikin menjelaskan, pihaknya siap memperbaiki jalur alternatif arus mudik dan arus balik, terutama jalan kecamatan di Desa Pulojaya Kecamatan Lemahabang Wadas. Perbaikan jalan yang belum rampung pada tahun 2011 di titik itu, diakuinya, kini telah diselesaikan.
Sedangkan perbaikan jalan mulai dari Johar hingga Krasak Cilamaya yang penjangnya mencapai 22 kilometer, dimungkinkan Asikin, dilakukan secara darurat. Artinya, pembenahan jalan itu hanya bersipat sementara untuk menghadapi musim arus mudik. “Kami hanya akan menutup lubang jalan dengan hotmix. Sebab, jika perbaikannya dilakukan secara menyeluruh waktunya tidak akan terkejar,” akunya.
Kemungkinan langkah darurat yang sama juga bakal dilakukannya pada ruas jalan Krasak-Cikalong yang hingga kini mengalami kerusakan cukup parah. Sementara terkait kebutuhan penerangan jalan umum (PJU), dijelaskan Kepala Seksi Pertamanan pada Dinas Cipta Karya, Novi Gunawan, bahwa menjelang arus mudik tiba pihaknya telah siap menambah beberapa titik PJU di sepanjang jalur alternatif tersebut. Yaitu dengan memasang 130 titik PJU baru di ruas jalan Johar-Krasak-Cikalong. Adapun untuk ruas utama Cikampek-Jatisari penambahannya 75 titik PJU. (vins)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: