Tol JORR W2 Ditargetkan Selesai Akhir 2013


JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) Sonhadji Suharman menargetkan pembangunan ruas tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) selesai pada akhir 2013. Sonhadji mengatakan, konstruksi tol akan mulai dibangun setelah pembebasan lahan selesai.

“Pemerintah (Kementerian Pekerjaan Umum) menjanjikan pembebasan lahan akan selesai akhir tahun ini sehingga dapat langsung mengerjakan proyek itu,” ujar Sonhadji di kantornya, Kamis (27/9/2012).

Sonhadji mengatakan, MLJ diberi waktu 18 bulan untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol. Namun, berdasarkan pengalamannya, MLJ yakin dapat menyelesaikan itu dalam waktu satu tahun. “Sejauh ini PT MLJ telah merampungkan konstruksi awal mencapai 45 persen,” ungkapnya.

Tol JORR W2 rencananya mulai dibangun setelah pembebasan lahan selesai. Menurut Sonhadji, lahan yang belum selesai ditangani hanya sekitar satu hektar.

Pembebasan lahan ditangani oleh tiga pihak, yakni Tim Pengadaan Tanah (TPT) dari Kementerian Pekerjaan Umum, Panitia Pengadaan Tanah (P2T) dari Badan Pertanahan Nasional, serta dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Tiga lembaga ini sudah menjanjikan pembebasan lahan selesai pada Desember sehingga konstruksi akan rampung paling tidak satu tahun sejak lahan selesai. Apalagi kami sudah memulai sekitar 45 persen, atau tinggal 55 persen saja,” tutur Sonhadji.

Jika pembebasan lahan selesai akhir tahun ini maka hingga pertengahan 2013, sebagian ruas tol sudah dapat beroperasi, dan sisanya pada akhir 2013 akan beroperasi.

“Pertengahan tahun depan bagian Kebon Jeruk-Joglo sudah bisa dioperasikan, tergantung penilaian kelayakan dari BPJT. Ruas ini panjangnya kira-kira empat kilometer. Sisanya, akhir tahun selesai,” jelasnya. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Editor :
Erlangga Djumena

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: