Selamatkan dan Lestarikan Capung


capungKepada Yang Terhormat,
Kita, Masyarakat Malang dan Masyarakat Indonesia.

Salam Sejahtera Bagi Kita dan Seluruh Mahluk Hidup semua…
Dalam kesempatan ini, ijinkanlah Kami menulis surat secara khusus kepada Kita (manusia) semua untuk menyampaikan beberapa perhatian Kami terhadap kelangsungan hidup capung. Capung (ordo Odonata) adalah serangga yang berperan penting bagi terwujudnya lingkungan yang sehat. Capung adalah indikator perairan yang masih sehat, capung menjadi sahabat dunia pertanian karena berperan sebagai pemangsa dan penyeimbang alami hama tanaman,  capung juga membantu memangsa dan pengendali nyamuk berikut jentik-jentiknya. Namun ternyata peran dan manfaatnya masih belum banyak Kita ketahui dan sadari, terutama oleh generasi muda sekarang. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa informasi mengenai Capung sangat sedikit yang bisa diketahui masyarakat. Saat ini populasi dan keberagaman Capung banyak berkurang seturut dengan kondisi lingkungan yang semakin lama semakin rusak, padahal Capung akan selalu membutuhkan perairan dan lingkungan yang baik agar terus berlangsung kehidupannya.

Dalam sebuah jurnal yang membahas tentang Capung dalam krisis biodiversitas menunjukkan bahwa sebenarnya 60 % kekayaan ragam capung dari seluruh dunia ada di kawasan neotropis Indo-Malay. Namun ternyata kawasan Indo-Malay justru merupakan kawasan paling banyak memiliki spesies Capung yang terancam. Hal ini disebabkan oleh tingkat penggundulan hutan yang tinggi berakibat hilangnya banyak sumber-sumber air dan tingkat pencemaran sangat tinggi di perairan Indonesia. Selain itu Indonesia termasuk juga negara yang sangat rendah dalam ketersediaan informasi tentang Capung. Kita sudah selayaknya khawatir dan harus segera melakukan tindakan. Karena Kita tentu tidak ingin Capung-capung Indonesia yang begitu indah menjadi punah sebelum mengenal keberadaannya di negeri sendiri.

Patut kita syukuri daerah Malang, Jawa Timur masih menyimpan keanekaragaman hayati Capung yang luar biasa. Perairan Wendit yang terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang menjadi habitat bagi 32 spesies capung. Jumlah tersebut merupakan 15 % dari keseluruhan spesies Capung yang ada di Pulau Jawa.  Beruntung kita masih bisa mengenal beragam Capung yang indah dan Kita boleh sedikit berlega karena keragaman yang tinggi dapat dikatakan menjadi indikator suatu lingkungan yang sehat.

Maka kami menginginkan Perairan Wendit, Kabupaten Malang, Jawa Timur dijadikan sebagai kawasan Suaka Odonata pertama di Indonesia demi kelangsungan keanekaragaman hayati capung di wilayah Malang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Semoga apa yang kita usahakan bersama ini dapat benar-benar terwujud untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan berkualitas.

Saatnya Kita Mencintai Capung di Negeri Sendiri.

Salam Capung Teman Kita!

Sumber: http://indonesiadragonfly.wordpress.com/2012/06/14/surat-terbuka-festival-capung-9-juni-2012/#more-977

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: