BPJT: Tarif 10 Jalan Tol Belum Layak Naik


jl.tolJAKARTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menilai pada semester II-2012 terdapat 10 ruas jalan tol dari 28  tol yang ada di Indonesia tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM). Padahal, SPM adalah salah satu syarat untuk menaikkan tarif jalan tol.

“SPM itu kan merupakan syarat untuk satu ruas jalan tol agar bisa menaikkan tarifnya sesuai aturan dengan perundang-undangan perdua tahun sesuai dengan inflasi,” kata Kepala BPJT, Achmad Gani Ghazali saat RDP Komisi V dengan Dirjen Bina Marga, Ka BPJT dan Dirut PT Jasa Marga di Gedung DPR, Jakarta (27/3/13).

Dia mengatakan, sampai saat ini masih banyak pagar tol yang rusak karena dicuri oleh warga sekitar. Namun demikian Gani mengaku sudah menyurati kepada operator tol agar segera memperbaiki kerusakan pada pagar tol tersebut. “Kira-kira ada 10 ruas tol yang tidak memenuhi SPM pada semester II-2012 lalu, setelah kita melakukan evaluasi,” kata dia.

Sedangkan penilaian yang dilakukan oleh BPJT seperti, jalan yang berlubang, pagar jalan tol yang berlubang, standar keamanan dan keselamatan.”Sebulan ke depan, pihaknya akan menerima jawaban dari para operator tol pada kerusakan yang terjadi di jalan tol tersebut,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana menaikkan tarif tol pada Juli 2013 sebesar 10 persen. Adapun kenaikan tersebut akan terjadi di 11 ruas tol, kecuali ruas tol Cikampek dan Sudiatmo.

Adapun ke sembilan ruas tol milik Jasa Marga yang naik adalah ruas Jakarta Bogor Ciawi, Jakarta-Tangerang, Tol dalam kota Jakarta, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Palimanan-Kanci, Tol Semarang, Surabaya-Gempol, Purwakarta-Bandung-Cileunyi, dan Jakarta Outer Ring Road (JORR). (mrt)

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2013/03/27/320/782240/bpjt-tarif-10-jalan-tol-belum-layak-naik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: