Dulu, Tak Ada yang Minati Jalan Tol Cipularang


cipularangLAMPUNG – Jalan bebas hambatan alias jalan tol sangat diperlukan untuk memperlancar arus distribusi baik barang maupun logistik. Namun, tidak semua pembangunan jalan tol diminati oleh para investor.

Deputi Bappenas bidang Sarana dan Prasarana Infrastruktur, Dedi Priyadi Priyatna menjelaskan, pembangunan jalan tol kerap memakan biaya besar. Sayangnya, pengembaliannya tidak selalu menguntungkan.

“Kalau untuk pembangunan jalan tol kadang-kadang itu seperti judi,” ungkap dia kala ditemui di Bandar Udara Raden Inten, Lampung.

Dia mencontohkan, pembangunan tol yang dulu kurang diminati adalah jalan tol Cipularang. “Waktu itu tidak ada yang tertarik karena internal rate of return (IRR) nya rendah. Tapi begitu dibangun, dalam delapan bulan kemudian tiba-tiba (IRR) naik. Sekarang dijual tiga kali lipat saja banyak yang mau,” jelas dia.

Oleh karena itu, berkaca pada kejadian tersebut, dia berharap jalan tol lintas Sumatera dapat naik nilainya. “Kalau seperti itu proyeknya akan dijual nanti uangnya untuk membangun,” kata dia.

Menurutnya, jalan tol ini akan dibangun oleh pemerintah, lantaran belum ada investor yang berminat untuk mengembangkan proyek ini. Adapun dananya, nantinya akan dipenuhi melalui pinjaman alias utang. “Karena ini proyek pemerintah maka pemerintah menjamin pinjamannya,” tambah dia.

Dia melanjutkan, dengan adanya penjaminan dari pemerintah, maka akan didapatkan bunga yang kompetitif. Sehingga jika ternyata tol tersebut tidak menguntungkan, maka pemerintah tidak akan mengalami kerugian. “Karena pinjamannya rendah maka tidak rugi. Kalau swasta yang bangun bisa rugi dia,” tukasnya. (mrt)

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2013/03/21/320/779320/dulu-tak-ada-yang-minati-jalan-tol-cipularang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: