Eddy: Sempurnakan Kompor Berbahan Bakar Air


kompoJakarta – Eddy Suprianto (57) yang menciptakan kompor berbahan bakar air menjadi api pada tahun 2008 kembali beraksi. Kali ini dia unjuk gigi dengan hasil riset yang lebih simpel dan sederhana. Bahkan alatnya bisa ditenteng dengan tangan.

“Dulu banyak kritikan. Nah ini saya perbaiki lagi. Lebih simpel,” kata Eddy saat menyambangi kantor detikcom, Senin (11/6/2012).

Dia memamerkan hasil riset yang dia bawa dengan tas jinjing kecil. Isinya gelas yang telah dimodifikaasi menjadi tempat air sumber energi. Gelas kecil tersebut lalu ditutup dengan pipa dan diberi bongkahan aluminium. Untuk mengalirkan gas, sebuah selang kecil keluar dari pipa tersebut menuju pemantik api.

“Pipa ini dari selang akuarium. Artinya, gas yang dihasilkan tidak berbahaya,” cerita pria yang pernah mengenyam bangku kuliah jurusan arsitektur ini.

Selang kecil seukuran sedotan air minum tersebut lalu dihubungkan dengan korek api bekas yang telah diisi air. Dari pemantik korek api tersebut lalu menyalalah api warna biru kehijau-hijauan. Apa rahasianya?

“Ada di cairan dalam gas. Ini masih rahasia dapur. Yang pasti bahannya mudah didapat. Petani juga bisa buat kok,” ungkap Eddy terkekeh.

Saat detikcom mencoba memegang tabung tersebut, awalnya ada rasa takut. Sebab siapa tahu bisa meledak. Tapi Eddy buru-buru menenangkan. “Ini aman. Tidak ada campuran bensin, karbit dan lain-lain. Tidak mungkin meledak,” ujar Eddy tertawa.

“Airnya dicampur apa, Pak?” tanya detikcom.

“Ada deh. Yang pasti ada 3 campuran yaitu air ditambah A+B+C,” ungkap Eddy.

Sebagai pembuktian, usai api menyala dari pemantik selembar kertas pun dicoba dan kertas pun terbakar. Alat itu bisa digunakan sebagai tungku kompor untuk memasak.

(asp/nrl)

Sumber: http://news.detik.com/readfoto/2012/06/11/150854/1938134/157/1/ini-dia-prototipe-kompor-berbahan-bakar-air?nd771104fvt

6 Tanggapan

  1. hmm… mudah2an bukan tepu2 dan efisien untuk diproduksi massal

  2. pak edy pelit berbagi ilmu, lihat tuh wajahnya kan dah tua mau dibawa kemana ilmunya ingat usia mbah!!!!!!

  3. Pasti disitu ada bahan kimia

  4. salah satu bhannya soda api mungkin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: