1.100 KK Miskin di Purwakarta Dapat Listrik Gratis


litrikINILAH.COM, Purwakarta – Pemkab Purwakarta menyerahkan bantuan pemasangan listrik desa (lisdes) ke sedikitnya 1.100 kepala keluarga (KK) tidak mampu.

Bantuan yang diberikan, masing-masing besarannya Rp1,5 juta per KK. Dengan bantuan ini, diharapkan warga gakin itu bisa menikmati listrik seperti warga lainnya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, bantuan yang diberikan kepada gakin ini berbentuk uang tunai untuk pemasangan listrik. Dalam hal ini, pemkab menawarkan dua opsi bagi penerima bantuan. Pertama, memasang instalasi listrik yang bersumber dari PLN, atau memilih pemasangan alat energi listrik tenaga surya.

“Bantuan ini kami berikan dalam bentuk tunai. Sebagai percontohan, kita baru serahkan bantuan ini ke 1.100 gakin,”ujar Dedi kepada INILAH.COM di kantornya, Kamis (4/7/2013).

Dedi mengakui, dari bantuan tersebut kebanyakan warga memilih membeli alat listrik berbentuk tenaga surya. Mengingat, sumber energi listrik itu sudah bebas dijual di pasaran. Selain itu, harganya pun lebih murah. Hanya saja, tenaga surya memiliki keterbatasan. Pasalnya, listrik yang dihasilkan masih kecil.

“Tapi, untuk beberapa penerangan saja cukup. Asalkan jangan digunakan untuk lemari pendingin. Yang penting, jika malam hari mereka tidak gelap-gelapan lagi,”cetusnya.

Lebih lanjut Dedi menegaskan, bantuan diperuntukkan bagi pemasangan listrik bersumber dari APBD. Jadi, harus dimanfaatkan dengan penuh tanggung jawab. Dengan kata lain, bukan untuk dialihkan ke hal lain. Adapun bentuk pengawasannya, gakin tersebut harus menyertakan pertanggungjawaban tertulis.

“Bila tidak digunakan untuk pemasangan listrik berarti dosa. Yang jelas, bentuk pertanggung jawaban penerima bantuan kepada pemkab adalah dengan menyerahkan bukti kwitansi pemasangan listrik supaya jelas,”tegas dia.

Kabag Kesra Setda Purwakarta, Alfi Gumilar menambahkan, penyerahan bantuan pemasangan listrik gratis ini merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam membantu warganya yang kurang mampu. Untuk itu, mereka diprioritaskan untuk mendapatkan listrik.

“Program ini bentuknya bantuan sosial atau hibah dari pemda,”jelas dia.

Maewati (35) pnerima bantuan lisdes warga Desa/Kecamatan Pasawahan, mengungkapkan rasa syukurnya karena telah mendapat bantuan pemasangan listrik dari Pemkab. Bantuan itu, sedikit mengurangi beban keluarga.

“Alhamdulillah ada bantuan pemasangan listrik dari pemkab. Bila pasang sendiri kami tak mampu, lantaran biayanya cukup besar,”ujarnya dengan dana senang. [gin]

Sumber: http://www.inilahkoran.com/read/detail/2006648/1100-kk-miskin-di-purwakarta-dapat-listrik-gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: