Cikopo-Pamanukan Diusulkan Satu Jalur


arahTRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum  Djoko Kirmanto, mengusulkan jalur Pantura, tepatnya dari Cikopo di Kabupaten Purwakarta hingga ke Pamanukan di Kabupaten Subang , diberlakukan satu arah.

“Usulan tersebut berlaku pada arus mudik lebaran tahun ini. Soalnya tahun ini jumlah kendaraan pemudik yang akan melintasi jalur Pantura akan mengalami peningkatan, sehingga bisa meminimalisi kemacetan,” kata Djoko saat melakukan kunjungan ke Posko Mudik Cikopo, Rabu (17/7/2013).

Ia mengatakan, pemudik dari Jakarta dan sekitarnya, tidak menemukan  kendala berarti saat melaju di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Mengingat, ruas tol itu ada yang memberlakukan empat dan tiga lajur.

“Tapi ketika keluar pintu Tol Cikopo, jalannya jadi menyempit sehingga kemacetan antara Cikopo sampai Pamanukan sering terjadi. Bahkan, bisa sampai macet total. Karena ada jalan rusak,” kata Djoko.

Ia juga mengusulkan agar kendaraan yang datang dari arah timur atau dari Cirebon, dialihkan ke jalur arteri dari jalur tengah, yakni jika dari Jawa Tengah bisa menuju Palimanan kemudian menuju jalur tengah atau melewati Sumedang keluar Cipularang.
“Kemudian, bisa juga dialihkan dari Pamanukan menuju Subang kota, dan keluar ke Sadang,” ujarnya.

Dengan cara seperti ini, Djoko mengatakan, para pemudik tidak akan terganggu oleh kendaraan dari arah yang berlawanan. Sehingga, jalur Cikopo-Pamanukan yang panjangnya sekitar 50 kilometer itu, bisa lancar. “Kami akan usulkan jalur one way  ini ke Mabes Polri. Mudah-mudahan, usulan ini bisa terealisasi,” kata dia.

Di sisi lain, perbaikan jalan nasional Limbangan – Malangbong dan sejumlah jalan alternatif penghubung Bandung – Tasikmalaya ditargetkan selesai H-10 Lebaran 2013.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Garut, Adeng Sudjarmono, mengatakan target tersebut sesuai kesepakatan bersama Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Dengan demikian, jalan yang dilalui arus mudik atau balik akan berkondisi baik saat digunakan pada waktunya.

“Sayangnya, Jalan By Pass Tarogongkaler-Banyuresmi belum bisa digunakan sebagai jalan alternatif karena masih belum mulus. Kami memprioritaskan penutupan lubang sepanjang jalan yang dipakai mudik,” kata Adeng di Kantor Dinas Bina Marga Kabupaten Garut, kemarin.

Selain penghubung berupa jalan utama, yakni Jalan Raya Limbangan-Malangbong, di Garut terdapat jalan penghubung alternatif lainnya, yakni Jalan Cijapati-Kadungora sebagai penghubung Bandung-Garut dan Jalan Raya Garutkota-Cilawu sebagai penghubung Garut-Tasikmalaya.

Jalan alternatif lainnya di Kabupaten Garut, di antaranya Garutkota- Leuwigoong- Baluburlimbangan, Cibatu-Baluburlimbangan, dan Leles-Leuwigoong. Walaupun jalan-jalan alternatif di Kabupaten Garut yang memiliki dua lajur ini berkondisi mulus, penerangan jalannya sangat minim sehingga sangat gelap pada malam hari.

Dari Ciamis dilaporkan, kondisi jalan utama jalur selatan mulai Cihaurbeuti hingga Cisaga cukup bagus. “Saya sendiri  sudah  melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Kondisi jalan utama dari Cihaurbeuti-Cisaga sepanjang 48 km tersebut dalam kondisi cukup bagus. Ada kerusakan-kerusakan kecil seperti lobang-lobang sudah mulai diperbaiki,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Witnu Urip Laksana SIk kepada Tribun usai rakor pengamanan lebaran Idul Fitri 1434 H di Aula Gedung PKK Ciamis Rabu (17/7) siang.

Meski kondisinya cukup bagus menurut Kapolres, para pengguna jalan tetap perlu hati-hati, mengingat saat ini masih berlangsung pengerjaan galian untuk pemasangan kabel telepon.

Lebaran tahun ini, Jalan Lingkar Selatan (Jl Otista) akan difungsikan sebagai jalur alternatif. “Bila terjadi kepadatan lalu lintas di jalan utama, arus kendaraan akan dialihkan ke Jl Lingkar Selatan ini,” ujar Witnu. (men/sam/sta)

Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2013/07/18/cikopo-pamanukan-diusulkan-satu-jalur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: