Tahun 2013, Rute Jalur Mudik di Karawang Berubah


mudik

INILAH.COM, Karawang – Rute jalur mudik untuk sepeda motor sepertinya akan diubah. Tahun sebelumnya, rute jalurnya dari Karawang tembus ke Kecamatan Cilamaya lalu ke Blanakan untuk kemudian ke Ciasem, Subang.

Untuk mudik lebaran tahun ini, rute tersebut jadi dipersempit. Sepeda motor tetap melintasi sejumlah kecamatan di Karawang dan keluar di Cikalong, Jatisari, lalu ke jalur pantura.

Bupati Karawang Ade Swara mengatakan, alasan rute jalur mudik untuk sepeda motor ini diubah, lantaran jalan dari Cilamaya-Blanakan-Ciasem (Subang) kondisinya rusak parah. Dengan kondisi tersebut, tidak  memungkinkan bila jalur itu dipakai untuk jalur pemudik.


“Jalur mudik sepeda motor itu, merupakan jalan nasional,” ujar Ade, kepada sejumlah media, Kamis (18/7/2013).

Ade mengakui, sejak beberapa tahun terakhir jalur mudik yang melintasi wilayah kerjanya dibagi dua yakni untuk kendaraan roda empat dan dua. Untuk kendaraan roda empat, rutenya dari Tol Jakarta-Cikampek masuk ke jalur pantura melalui simpang Jomin. Selain itu, bisa menggunakan jalur arteri, dari Tanjung Pura (Karawang) ke Cikampek dan masuk jalur pantura.

Sementara untuk sepeda motor, rutenya dari Tanjung Pura-Johar-Telagasari-Wadas-Krasak, lalu keluar Cikalong (Jatisari) tembus ke pantura. Namun dua tahun terakhir rutenya tak lagi keluar Cikalong, melainkan ke Ciasem Subang via Cilamaya dan Blanakan.

“Namun, setelah dievaluasi ternyata rute baru itu tak efektif. Makanya, jalur sepeda motor dikembalikan ke semula. Yakni, nantinya pemudik keluar Cikalong lalu ke pantura,”terang dia.

Menurut dia, sebenarnya jika pemudik roda dua ini keluar Ciasem, itu bisa mengurai kemacetan di Cikalong. Namun, karena jalannya rusak, maka sepeda motor diarahkan keluar Cikalong. Kalaupun, harus melewati Blanakan dan Ciasem, berarti jalan tersebut perlu diperbaiki dulu.

“Tapi, karena itu sudah jalan nasional, jadi kewenangan untuk memperbaikinya adalah pemerintah pusat,”cetus dia. Ihwal kesiapan pemerintah dalam menyambut mudik, Ade mengaku, Pemkab Karawang berupaya untuk memperbaiki jalan yang dilalui pemudik. Terutama, jalur alternatif sepeda motor. Sebab, yang jadi kewenangan pemkab, yaitu jalur alternatif tersebut.

“Saat ini, jalan alternative itu sedang dalam tahap perbaikan. Kita targetkan, sebelum H-7 perbaikan tersebut selesai. Selain itu, pemkab juga telah memonitoring titik-titik rawan kemacetan. Salah satunya, yang disebabkan oleh pasar tumpah,”pungkasnya. [gin]

Sumber: http://m.inilah.com/read/detail/2011601/tahun-ini-rute-jalur-mudik-di-karawang-berubah

 

Satu Tanggapan

  1. Jalan di subang utara rusak parah sepertinya pemkab subang sudah tidak peduli lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: