Antisipasi Lonjakan Kendaraan Saat Mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek


arahBERITAJAKARTA.COM — 25-07-2013. Sebanyak 32 ribu kendaraan diperkirakan akan lewat Gerbang Tol (GT) Cikampek dalam sehari selama musim mudik Lebaran tahun ini. Jumlah ini meningkat 119 persen dibandingkan jumlah kendaraan yang lewat di waktu normal yaitu sebanyak 14 ribu kendaraan per hari. Untuk mengatasi lonjakan kendaraan, saat H-7 hingga H+7 Lebaran, pihak Jasa Marga selaku pengelola Tol Cikampek akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus mudik Lebaran.

Direktur Operasional Jasa Marga, Hasanudin, mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi menghadapi lonjakan kendaraan. “Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut), saat ini jumlah pintu masuk arah Cikampek ada 11, dan arah Jakarta ada 25. Nantinya pada saat arus mudik Lebaran, bila terjadi kepadatan, 7 gardu arah Jakarta akan dijadikan ke arah Cikampek, sehingga totalnya mencapai 18 gerbang yang ke arah Cikampek,” papar Hasan, Kamis (25/7).

Di gerbang tol tersebut juga akan disiapkan petugas jemput transaksi yang akan membagikan kartu tanda masuk untuk mempercepat kendaraan mengambil kartu. Sedangkan di gerbang tol Cikampek/Cikopo, mulai H-5 (situasional), akan difungsikan sebagai pintu exit saja, sedangkan yang ingin masuk akan dialihkan melalui Kota Bukit Indah dan masuk melalui Gerbang Tol Kalihurip selatan atau GT Sadang. “Jumlah gardu yang dioperasikan mencapai 16. Mudah-mudah bisa mempercepat transaksi pengguna,” harapnya.

Selain itu, dari hasil evaluasi mudik 2012 lalu yang dinilai masih kurang rapihnya pengaturan di ujung Tol Cikampek, maka tahun ini akan lebih diperketat pengaturannya. Bila terjadi kemacetan di ujung Tol Cikampek arah Pantura, Jasa Marga dan kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Bila sampai terjadi stag karena kemacetan di simpang Jomin dan Mutiara, pemudik ke arah Pintu Tol Cikopo pun akan kita arahkan ke Cipularang dan keluar melalui Gerbang Tol Sadang. Tapi kalau masih padat juga, akan dikeluarkan dari Cikarang Timur,” jelasnya.

Hasan menambahkan, nantinya kendaraan dari arah Kampung Rambutan yang akan masuk Tol Cikampek, sebagian akan diarahkan melewati flyover dan berputar ke arah Bekasi dari lajur yang pada hari normal ke arah Cakung. “Nanti akan ada petugas yang mengarahkan di sana,” tukasnya.

Sumber: http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=55377

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: