Gerbang Tol Cikopo Satu Arah Mulai H-6


cikampek_gerbang_tolTEMPO.CO, Purwakarta – Pintu gerbang tol Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, yang dilewati hampir seluruh arus mudik yang datang dari arah barat menuju timur, pada puncak arus mudik, akan diberlakukan satu arah. “Mulai H-6, semua pintu gerbang tol Cikopo dijadikan satu arah,” kata Andri, Kepala Gerbang Tol Cikopo saat dihubungi Tempo, Kamis, 24 Juli 2013.

Menurut Andri, kebijakan satu arah untuk pintu gerbang tol Cikopo pada H-6 itu diterapkan karena arus kendaraan mudik mulai padat saat itu. Jika tidak mulai dijadikan satu arah, kemungkinan akan terjadi penumpukan arus mudik selepas gerbang tol hingga persimpangan Jomin yang bisa berakibat kemacetan luar biasa.  “Jadi, kami bersama kepolisian tak mau mengambil risiko,” tutur Andri.

Pada saat itu, arus kendaraan yang keluar dari gerbang tol Cikopo akan mengalami peningkatan 25 persen di banding lintasan harian rata-rata yang mencapai 20 hingga 25 ribu kendaraan.

Adapun puncak arus mudik akan terjadi sepanjang H-4 dan H-3. Pada saat itu arus kendaraan diprediksikan meningkat 25 persen dibanding dengan puncak yang terjadi pada lebaran tahun lalu yang memuntahkan arus mudik sebanyak 43.675 kendaraan.Untuk menampung arus kendaraan yang datang dari arah Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB dan Bali yang ingin masuk ke Jakarta, pihak kepolisian biasanya melakukan rekayasa pengalihan arus melalui jalur alternatif.

“Seperti tahun lalu, semua kendaraan akan melewati mulut tol Cikopo lalu masuk ke jalur alternatif kawasan industri Kota Bukit Indah dan masuk gerbang tol Kalihurip langsung menuju Jakarta,” ujar Kepala Satlantas Polres Purwakarta, Ajun Komisaris Wadi Syabani.

Rekayasa lalu-lintas yang dilakukan dalam mengantisipasi kemacetan lalu-lintas di sekitar gerbang tol saat arus mudik tersebut setiap tahunnya berjalan lancar. “Alhamdulillah, rekayasa tersebut efektif,’ ujar Wadi.

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/mulai-h-6-gerbang-tol-cikopo-dibuka-satu-053618970.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: