Jumlah Kecelakaan Arus Mudik Lebaran 2013 Turun


2mudikVIVAnews – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto, Minggu 11 Agustus 2013, mengatakan jumlah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2013 mengalami penurunan 22 persen dibanding tahun lalu.

Angka 22 persen itu merupakan jumlah penurunan peristiwa kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Pada arus mudik Lebaran 2013 jumlah kecelakaan motor mencapai 2.517. Sementara di tahun 2012 peristiwa kecelakaan motor berjumlah 3.207 unit. 

Agus Rianto mengungkap, ada empat faktor penyebab turunnya jumlah kecelakaan saat arus mudik.

Faktor pertama, Kementerian Pekerjaan Umum sudah melakukan upaya perbaikan di jalan-jalan yang akan dilalui pemudik, baik jalur utama atau alternatif.

“Termasuk menyiagakan personil di tempat-tempat yang kemungkinan dapat terjadi gangguan kecelakaan khusus seperti longsor atau banjir,” kata Agus.

Faktor kedua, banyak fasilitas mudik gratis yang diberikan oleh instansi pemerintah seperti, Kementerian Perhubungan atau perusahaan swasta.

“Jadi dengan fasilitas mudik gratis, baik kendaraan dan pengemudinya ikut diangkut menggunakan moda transportasi yang disiapkan oleh instansi bersangkutan. Fasilitas ini banyak juga yang dimanfaatkan oleh para pemudik,” tuturnya.

Faktor ketiga, kesiapsiagaan aparat keamanan dalam menjalankan tugas dan fungsinya selama arus mudik berlangsung. Menurut dia, selama operasi ketupat berlangsung sejak tanggal 1 Agustus 2013 kemarin, Polri menurunkan sekitar 150 ribu personel untuk mengamankan jalur mudik dan balik.

“Bahkan kami turut menerjunkan personel tambahan sebanyak lebih dari enam ribu untuk membantu pengamanan di beberapa wilayah, salah satunya Jawa Barat yang dimulai dari Cikoko hingga Losari. Anggota personel tambahan ini masuk ke dalam operasi pagar betis,” Agus menjelaskan.

Faktor keempat, yakni kesadaran pemudik yang semakin membaik. Agus menilai, para pemudik sudah mulai tertib dalam berlalu lintas selama arus mudik kemarin.

“Oleh sebab itu saya mewakili Mabes Polri mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap para pemudik karena sudah mematuhi tata tertib lalu lintas,” ujar Agus.

Sumber: http://nasional.news.viva.co.id/news/read/435731-jumlah-kecelakaan-arus-mudik-lebaran-turun–ini-penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: