Rupiah Melemah, Industri Manufaktur Menangguk Untung


dolarMetrotvnews.com, Jakarta: Rupiah yang terus tertekan mengganggu perencanaan bisnis ekspor Indonesia. Meski demikian, rupiah yang melemah ini justru menguntungkan untuk industri manufaktur.

Demikian yang disampaikan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno saat ditemui seusai ‘The Third High Level Market Dialogue 2013: The New Era of Indonesian Legal Timber Products to Meet Global Markets’, Rabu (21/8), di Hotel Sultan, Jakarta.

Benny menuturkan, sebetulnya bagi eksportir, melemahnya rupiah ini tidak mengganggu ekspor sepanjang fluktuasinya tidak lebih dari 5% dan masih dapat diperkirakan. Menurutnya, eksportir tidak hanya melakukan ekspor tapi juga memperkirakan nilai tukarnya apakah memberikan keuntungan atau tidak. “Kalau saya tukarkan sekarang, saya beli bahan baku, saya jual bulan depan, untung atau tidak. Jadi, memang eksportir itu ya kita harus me-manage sebagaimoney changer juga,” kata Benny.

Benny melanjutkan, volatilitas rupiah saat ini memang mengganggu perencanaan bisnis ekspor khususnya untuk perkiraan pengeluaran membeli bahan baku impor. Menurut Benny, yang mendapatkan keuntungan dengan kondisi rupiah melemah ini adalah sektor industri manufaktur. “Kalau ekspor, impornya dolar dan ekspornya juga dolar, tidak ada masalah. Justru yang diuntungkan industri manufaktur karena cost manufakturing dalam negeri (rupiah),” ungkap Benny.

Benny mencontohkan, seperti kenaikan listrik 2013 sekitar 15% dari sebelum jatuhnya rupiah kira-kira 8 sen per kWh atau sekitar Rp 900 per kWh dan setelah rupiah jatuh harga per kWh-nya menjadi berkurang.

Benny menambahkan, dari sisi nilai ekspor, industri manufaktur pun nilai ekspornya meningkat dengan terhempasnya rupiah. Namun, untuk nilai ekspor sektor komoditas bakal turun. “Tapi, kalau turunan komoditas seperti turunan CPO itu ada kemungkinan naik nilai ekspornya. Kalau CPO pasti turun,” tukasnya. (Bunga Pertiwi Adek Putri)

Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/21/2/176345/Rupiah-Melemah-Industri-Manufaktur-Menangguk-Untung?utm_source=micom&utm_medium=twitter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: