82 Desa di Purwakarta Peroleh Dana PPIP


ppipINILAH.COM, Purwakarta – Sebanyak 82 Desa di Purwakarta mendapat bantuan Proyek Peningkatan Infrastruktur Pedesaan (PPIP). Dari jumlah tersebut, enam desa diantaranya sudah menerima bantuan yang bersumber dari APBN sebesar Rp250 juta per desa itu.

Kepala Dinas Cipta Karya, Entis Sutisna mengatakan, tahun ini sekitar 82 desa yang ada di wilayah kerjanya telah mengajukan bantuan PPIP. Namun yang telah menerima bantuan baru enam desa yakni Desa Tegalwaru, Citalang, Sukahadi (Kecamatan Tegalwaru), Desa Sukatani, Cibodas dan Pasir Munjul (Kecamatan Sukatani).

“Pekan kemarin bantuan keenam desa tersebut sudah turun,” ujar Sutisna, Selasa (17/9).

Proses pencairan bantuan, lanjutnya, langsung masuk ke rekening Organisasi Masyarakat (OMS) di masing-masing desa yang mengajukan. Dinas Cipta Karya hanya sebatas melakukan pemantauan.

Diakuinya, hingga saat ini, proses pencairan dana PPIP sudah sesuai prosedur. Kalaupun ada penyimpangan, biasanya terjadi di tingkat bawah. Pasalnya, pihaknya tidak bisa memantau penggunaan anggaran ditingkat OMS. Pihaknya hanya bisa mengimbau kepada panitia untuk tidak menyerahkan proses pembangunan kepada pihak ketiga sehingga tak terjadi penyimpangan anggaran.

“Karena hibah, uang masuk rekening mereka, kita tidak tahu. Sebetulnya, mekanisme sudah benar. Semisal, juklak juknis proses awalnya, musdes untuk pemilihan OMS-nya. Kalau ada penyimpangan itu di bawah biasanya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Dinas Cipta Karya, Agung Wahyudi mengaku, pihaknya sudah sering mengimbau OMS untuk tidak menyerahkan dana PPIP kepada pihak ketiga. Terlebih, dalam aturannya dana hibah ini tidak boleh dikerjakan oleh pihak ketiga.

“Perjanjian di kontrak merupakan tanggung jawab OMS. Karena mekanisme sudah ditempuh, jangan sampai pengerjaannya dilaksanakan oleh pihak ketiga,” tegas Agung.

Untuk mengantisipasi penyimpangan, dirinya meminta fasilitator yang mendampingi OMS untuk terus mengawasi penggunaan dana PPIP, jangan sampai tidak diketahui oleh panitia di desa.

Dihubungi terpisah, Kasi Intelijen Kejari Purwakarta, Dandeni Herdiana mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap bantuan PPIP ini. Bahkan, untuk tahun ini pengawasannya akan lebih diintensif. Mengingat, desa yang menerima bantuan tersebut jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Kita akan terus memantau. Apalagi, desa penerimanya sangat banyak,” tegas Dandeni.

Dalam bantuan PPIP ini, terdapat beberapa potensi kerawanan penyimpangan. Semisal, rawan terjadi pemotongan anggaran serta pelaksaan pekerjaaan yang tidak sesuai prosedur.[ang]

Sumber: http://m.inilah.com/read/detail/2030085/82-desa-di-purwakarta-peroleh-dana-ppip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: