Hari ini, Ribuan Buruh Tangerang Serempak Gelar Aksi Mogok Nasional


demoTANGERANG, MENITS.com – Ribuan buruh yang berasal dari berbagai aliansi di wilayah Tangerang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, secara serempak menggelar aksi mogok kerja nasional di beberapa titik.
Informasi yang diperoleh, sebanyak 3.787 buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Tangerang melakukan mogok kerja di Kawasan Industri Kota Tangerang mulai pukul 07.00 WIB.
 
Lalu, buruh dari aliansi Kabut Bergerak Kota Tangerang melakukan Konvoi dengan jumlah 300 orang yang mendatangi kawasan Industri Raya Pasir Jaya Jatiuwung dan Kawasan Industri di Jalan Pajajaran Jatiuwung.
Aliansi buruh dari Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KGNB) berjumlah 1.000 orang melakukan konvoi dengan menyisir Pertigaan Jalan Baru, PT Cingluh – Lap bola Curug, Pasar Kemis hingga tol Balaraja.
Sebanyak 500 orang buruh dari DPC Serikat Pekerja Nasional melakukan aksi menuju kantor Bupati Kabupaten Tangerang.
Begitu juga seribu orang dari DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) yang mendatangi Kantor Wali Kota Tangerang Selatan dengan titik kumpul di Plaza Serpong dan Taman Tekno.
Selain itu, Mogok kerja 3.000 orang FSPMI yang dilakukan di Lampu Merah Pemda Jalan Raya Serang, Cikupa. Kemudian, mogok kerja nasional 300 orang Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Tangerang Raya di Jembatan Tol Bitung, Kawasan Industri Cikupa Mas dan kawasan Industri Milenium Kabupaten Tangerang.
FSBNI/KASBI (Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia) melakukan Konvoi dengan pembagian selebaran kepada warga dengan rute Perum Mutiara M Toha KM 3,6 Periuk Panarub.
Koordinator aksi dari Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB), Koswara di Tangerang, Kamis, mengatakan, tuntutan yang disampaikan dalam aksi kali ini yakni menolak Inpres tentang Upah, upah layak untuk buruh, menurunkan harga kebutuhan pokok.
Lalu, menolak sistem kerja kontrak, menolak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), menolak Union Busting, menolak privatisasi aset-aset negara.
“Tuntutan yang kami sampaikan merupakan hasil dari aspirasi buruh dan permasalahan yang selama ini ada dan diharapkan dapat diselesaikan,” ujarnya. (RS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: