150 Ton Sampah Dikirim ke Cikolotok


sampahPURWAKARTA – Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Purwakarta memastikan setiap hari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Cikolotok menampung sekitar 150 ton lebih sampah dari kota. Jumlah tersebut lebih sedikit bila dibandingkan rencana kerjasama Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Cikolotok.
Kadis DKP Purwakarta, Ruslan Subanda mengatakan, setiap hari sebanyak 150 ton sampah dibuang ke Cikolotok. Jumlah tersebut, menurutnya, cukup besar karena itu hanya di wilayah kota saja. Belum dari kecamatan-kecamatan lain yang belum dapat dikirim di Cikolotok.
“Setiap hari mencapai 150 ton yang dibuang ke Cikolotok,” tegasnya kepada Pasundan Ekspres, Kamis (31/10).
Padahal, rencananya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan membangun kerjasama dengan India perihal PLTS di Cikolotok. Namun sejauh ini masih terkendala dengan jumlah sampah yang dibuang ke Cikolotok yang dianggap terlalu sedikit. Pasalnya, untuk mendirikan pengolahan PLTS sedikitnya 500 ton sampah per hari.
“Jumlahnya mesti lebih. Sekarang 150 ton lebih hanya kota per hari. Sedangkan kalau ingin membangkitkan 500 ton, dengan pihak India,” ujarnya.
Dikatakan Ruslan, kerjasama dengan Negara India sebetulnya sudah dibangun. Saat ini hanya menunggu waktu agar ada kerjasama lanjutan. Itu bisa saja terjadi bila pengelolaan sampah rumah tangga bisa tercover dan dibuang ke Cikolotok. Sehingga memungkinkan untuk memenuhi target minimal mendirikan pembangkit listrik dari olahan sampah. Itu dilakukan untuk menopang aliran listrik di kabupaten selain dari PJB di Cirata.
“MoU sudah ada cuma kapasitas sampahnya belum memenuhi kuota,” pungkasnya.(sei/din)

Sumber: http://pasundanekspres.co.id/purwakarta/10632-150-ton-sampah-dikirim-ke-cikolotok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: