Siapakah Suharna Surapranata, MT ? Calon DPD Nomor 30 Pemilu 2014


SuharnaSuharna lahir di Bandung, 13 Desember 1955, menyelesaikan pendidikan S1 di FMIPA-UI, S2 di Teknik Fisika ITB. Aktivis Masjid Kampus ini pernah bekerja sebagai peneliti di Badan Tenaga Nuklir (BATAN) dan Dosen FMIPA-UI, serta mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional LEMHANNAS KSA X tahun 2002.

Jiwa aktifis telah membawanya selama lebih dari 25 tahun berkiprah membangun sejumlah institusi pendidikan dan pengembangan SDM seperti: Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS Nurul Fikri), lembaga yang memberikan beasiswa dan pembinaan terpadu kepada mahasiswa berprestasi, aktif berorganisasi dan memiliki kepedulian sosial tinggi.

Peserta program diseleksi dari mahasiswa ITB, UNPAD, UI, IPB, UGM, ITS, dan UNAI dalam rangka berkhidmat pada upaya pembentukan pemimpin-pemimpin masa depan, dengan integritas moral, akseptabilitas sosial, dan kredibilitas profesional yang tinggi; moderat; serta peduli terhadap kemajuan bangsa.
Suharna juga salah seorang pendiri dan pembina masyarakat ilmuwan dan teknologi Indonesia (MITI). Lembaga yang berdiri tahun 2004 dan membangun jaringan di dalam dan luar negeri, mencakup lebih dari 300 ilmuwan Doktor Indonesia, serta MITI-Mahasiswa di 30 provinsi, dalam rangka akselerasi pengembangan SDM Iptek serta penguasaan dan pemanfaatan Iptek di seluruh lini kehidupan masyarakat.
Ketika dentuman reformasi membuka partisipasi politik warga seluas-luasnya, ia pun aktif menjadi salah seorang anggota pendiri Partai Keadilan. Sebelum menjabat sebagai Menristek RI 2009-2011 pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Suharna Surapranata adalah Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sekaligus sebagai Anggota DPR-RI terpilih untuk Periode 2009-2014.
PLATFORM PERJUANGAN:
Pemberdayaan peran DPD RI sebagai salah satu upaya perbaikan sistem ketatanegaraan untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan kebersamaan semua komponen bangsa dalam membangun Indonesia, khususnya memajukan Jawa Barat.
Kita mencitakan Indonesia menjadi negara kuat, yang membawa misi rahmat keadilan bagi segenap umat manusia, agar bangsanya menjadi kontributor peradaban, serta manusia dan buminya menjelma menjadi taman kehidupan yang tenteram dan damai.
Negara kuat adalah negara yang mandiri dan mampu memenuhi hal mendasar dalam dirinya; misalnya soal ketahanan pangan; ketahanan energi; ketersediaan air; pertahanan-keamanan; kesehatan dan obat; dan lain sebagainya.
Pembangunan bangsa merupakan hak sekaligus kewajiban rakyat, bukan hanya negara. Karenanya perlu diperjuangkan pemberdayaan masyarakat, baik dalam aspek politis maupun ekonomis, yang akan mengantarkan mereka pada posisi sejajar sebagai mitra pemerintah, yang duduk satu meja bersama-sama membangun negeri.
Partisipasi total masyarakat. Total masyarakat, pengusaha, pemerintah dan kerjasama internasional, sebagai gerakan lintas komponen dan aktor, adalah sebuah keniscayaan dalam mengelola negara. Orkestra ini digelorakan dalam kerangka yang bersifat integral, global dan universal, menuju keadilan dan kesejahteraan bagi terwujudnya Indonesia Madani yang kita citakan.
#AYTKTM Apapun Yang Terjadi Kami Tetap Melayanimu … INDONESIA.
Heri Sumantri
Sumber: http://www.islamedia.web.id/2013/11/aytktm-mengenal-sosok-suharna.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: