Menteri Suswono Nekad Panjat Pohon Duku


menteri suswonoLABUHA – Ada yang menarik dari kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Suswono, ke perkebunan buah Duku di Desa Amasing Kali, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, belum lama ini.

Menteri asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu membut kaget masyarakat setempat dengan aksi nekadnya  memanjat pohon duku. 

Tidak tanggung-tanggung, sang menteri memetik buah duku lalu menyerahkan kepada Bupati Muhammad Kasuba dan para muspida yang berada di bawah pohon. Berselang beberapa menit kemudian Menteri Suswono, turun dari atas pohon kemudian menyambangi pemilik tanaman duku La Idu, dan para kelompok tani.

Dalam kesempatan itu Menteri Suswono, menyampaikan rasa terimaksih kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Halsel, yang memberikan kesempatan dirinya melihat langsung dari dekat pohon Duku Bacan. Ia, mengaku Duku Bacan memiliki cita rasa dan kualiatas berbeda dengan buah Duku lain di Indonesia. “Saya sudah makan Duku Bacan, dan rasanya sangat beda dengan buah Duku di daerah lain di Indonesia. Karena itu saya tertarik untuk melihat langsung dari dekat tanaman duku Bacan,” ungkap Suswono, di hadapan ratusan warga Desa Amasing Kali, Kecamatan Bacan, Selasa (6/5/2014).

Menurut  Suswono, perbedaan Duku Bacan dengan Duku Palembang Sumatera Selatan, letaknya pada kualitas. Duku Bacan memiliki kulit cukup tebal sehingga bisa bertahan lebih lama, dibandingkan duku Palembang. 

Begitu juga cita rasa jauh lebih manis ketimbang duku pada umumnya di Indonesia. Sementara itu Kepala Desa (Kades) Amasing Kali, Lamakmur Ode Ramida, memberikan apresiasi kepada Menteri Pertanian yang berkesempatan hadir melihat langsung buah Duku Bacan.

“Ini momen paling bersejarah bagi masyarakat Amasing Kali, karena selama desa itu berdiri belum pernah ada menteri yang datang. Namun, dengan potensi buah Duku yang dimiliki Desa Amasing kali akhirnya dikenal. Ia berharap dijadikannya Duku Bacan sebagai icon  daerah dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” harapnya.

Di akhir pertemuan Menteri Pertanian Suswono, memberikan bantuan uang tunai dalam bentuk tabanas kepada para kelompok tani Duku Bacan, senilai Rp 3,5 miliar. Disamping itu Menteri, juga berjanji akan memberikan bantuan dalam bentuk yang lain setelah kembali ke Jakarta. (Ris/dar)

Kabartimur.co.id

Sumber: http://www.pkspiyungan.org/2014/05/menteri-suswono-nekad-panjat-pohon-duku.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: